POLTEKAD KODIKLATAD
JURUSAN TEKNIK TELEKOMUNIKASI
LAPORAN
PRAKTIKUM BAHASA PEMOGRAMAN
MEMBUAT
LESAN TEMBAK PENDETEKSI WARNA MENGGUNAKAN DELPHI
SERDA M. MUAZ AMZORI NIM
: 20200533- E
PROGRAM STUDI DIPLOMA 4 ANGKATAN V TEKNIK TELKOMMIL
JURUSAN TEKNIK TELEKOMUNIKASI
POLTEKAD KODIKLATAD
2021
TUGAS 1
MEMBUAT
LESAN TEMBAK PENDETEKSI
WARNA MENGGUNAKAN DELPHI
I. Tujuan
: Agar Bintara Mahasiswa
mampu membuat lesan tembak menggunakan delphi
II. Alat
dan Bahan :
a.
Laptop;
b.
Aplikasi Rad Studio Delphi
III. Dasar
teori
:
1.
Rad Studio Delpi
Delphi adalah sebuah
IDE Compiler untuk bahasa pemrograman Pascal dan lingkungan pengembangan
perangkat lunak yang digunakan untk merancang suatu aplikasi program.
IDE (Integrated
Development Environment) adalah program komputer yang memiliki
beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan
dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam
membangun perangkat lunak.
Kompilator (Inggris: compiler)
adalah sebuah program komputer yang berguna untuk menerjemahkan program
komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang
ditulis dalam bahasa pemrograman lain.
Pascal adalah
bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth,
bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman
komputer.
B.
Sejarah Borland Delphi
·
Delphi versi 1 (berjalan pada windows 3.1 atau windows 16 bit)
·
Delphi versi 2 (Berjalan pada windows 95 atau delphi 32 bit)
·
Delphi versi 3 (berjalan pada windows 95 keatas dengan tambahan
fitur internet atua web)
·
Perkembangan selanjutnya diikuti dengan Delphi versi 4, 5 dan 6.
·
Versi terkini dari delphi adalahversi 7 dengan tambahan vitur
.net dengan tambahan file XML
C.
Kegunaan Delphi
·
Untuk membuat aplikasi windows
·
Untuk merancang aplikasi program berbasis grafis
·
Untuk membuat program berbasis jaringan (client/server)
·
Untuk merancang program .Net (berbasis internet)
IDE
(Integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan aplikasi
sendiri adalah satu dari beberapa keunggulan delphi, didalamnya terdapat menu –
menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program.
Proses Kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada
Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa
dijalankan terpisah.
Mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turunan dari pascal,
sehinggatidak diperlukan suatu penyesuain lagi.
Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemograman Delphi dapat digunakan untuk
mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.
E.
Adapun sejumlah kelebihan Embarcadero Delphi lainnya, antara lain meliputi:
·
Dapat mengkompilasi menjadi single executable (aplikasi
portable), memudahkan distribusi dan meminimalisir masalah yang terkait
dengan versioning
·
Banyaknya dukungan dari pihak ketiga terhadap VCL (biasanya
tersedia berikut source codenya) ataupun tools pendukung lainnya
(dokumentasi, tool debugging)
·
Optimasi kompiler yang cukup cepat
·
Mendukung multiple platform dari source code yang sama
·
Untuk yang dikelola oleh embarcadero, delphi dapat dijalankan
pada multiflatform yaitu windows, linux, android, IOS.
4. Langkah-Langkah
Percobaan.
a. Penyiapan alat dan
komponen yang digunakan untuk percobaan;
b.
Membuat desain Lesan tembak menggunakan power point
c. mendesain dan pengkodingan lesan tembak
menggunakan Bahasa pemograman delphi
5. Analisa
Pembuatan
Pada pembuatan lesan tembak pendeteksi warna mengunakan delphi
unit
Unit1;
interface
uses
Winapi.Windows, Winapi.Messages,
System.SysUtils, System.Variants, System.Classes, Vcl.Graphics,
Vcl.Controls, Vcl.Forms, Vcl.Dialogs,
Vcl.ExtCtrls, Vcl.StdCtrls;
type
TForm1 = class(TForm)
Image1: TImage;
Label3: TLabel;
Label4: TLabel;
Label5: TLabel;
Edit1: TEdit;
Edit2: TEdit;
Panel1: TPanel;
Label6: TLabel;
Label7: TLabel;
Edit3: TEdit;
Edit4: TEdit;
Button1: TButton;
Label1: TLabel;
procedure Image1MouseDown(Sender: TObject;
Button: TMouseButton;
Shift: TShiftState; X, Y: Integer);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R
*.dfm}
procedure
TForm1.Image1MouseDown(Sender: TObject; Button: TMouseButton;
Shift: TShiftState; X, Y: Integer);
begin
panel1.Color:=image1.Picture.Bitmap.Canvas.Pixels[x,y];
EDIT1.Text:=IntToStr(X);
EDIT2.Text:=inttostr(Y);
end;
end.
Dari
percobaan yang telah di lakukan dapat di ambil kesimpulan panel akan berubah
warna sesuai dengan bagian X dan Y. Nilai yang di tunjuk oleh kursor dan jumlah
nilai yang di peroleh juga di tampilkan dalam program ini. Program ini dapat di
manfaatkan sebagai media pembelajaran
dalam Pendidikan kemiliteran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar