POLTEKAD KODIKLATAD
JURUSAN TEKNIK TELEKOMUNIKASI
LAPORAN PRAKTIKUM BAHASA PEMOGRAMAN
MEMBUAT LESAN TEMBAK PENDETEKSI WARNA MENGGUNAKAN DELPHI
SERDA M. MUAZ AMZORI NIM : 20200533- E
PROGRAM STUDI DIPLOMA 4 ANGKATAN V TEKNIK TELKOMMIL
JURUSAN TEKNIK TELEKOMUNIKASI
POLTEKAD KODIKLATAD
2021
TUGAS 1
MEMBUAT LESAN TEMBAK PENDETEKSI WARNA MENGGUNAKAN DELPHI
I. Tujuan : Agar Bintara Mahasiswa mampu membuat lesan tembak menggunakan delphi
II. Alat dan Bahan :
a. Laptop;
b. Aplikasi Rad Studio Delphi
III. Dasar teori :
1. Rad Studio Delpi
Delphi adalah sebuah IDE Compiler untuk bahasa pemrograman Pascal dan lingkungan pengembangan perangkat lunak yang digunakan untk merancang suatu aplikasi program.
IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak.
Kompilator (Inggris: compiler) adalah sebuah program komputer yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain.
Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer.
B. Sejarah Borland Delphi
· Delphi versi 1 (berjalan pada windows 3.1 atau windows 16 bit)
· Delphi versi 2 (Berjalan pada windows 95 atau delphi 32 bit)
· Delphi versi 3 (berjalan pada windows 95 keatas dengan tambahan fitur internet atua web)
· Perkembangan selanjutnya diikuti dengan Delphi versi 4, 5 dan 6.
· Versi terkini dari delphi adalahversi 7 dengan tambahan vitur .net dengan tambahan file XML
C. Kegunaan Delphi
· Untuk membuat aplikasi windows
· Untuk merancang aplikasi program berbasis grafis
· Untuk membuat program berbasis jaringan (client/server)
· Untuk merancang program .Net (berbasis internet)
IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri adalah satu dari beberapa keunggulan delphi, didalamnya terdapat menu – menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program.
Proses Kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah.
Mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turunan dari pascal, sehinggatidak diperlukan suatu penyesuain lagi.
Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemograman Delphi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.
E. Adapun sejumlah kelebihan Embarcadero Delphi lainnya, antara lain meliputi:
· Dapat mengkompilasi menjadi single executable (aplikasi portable), memudahkan distribusi dan meminimalisir masalah yang terkait dengan versioning
· Banyaknya dukungan dari pihak ketiga terhadap VCL (biasanya tersedia berikut source codenya) ataupun tools pendukung lainnya (dokumentasi, tool debugging)
· Optimasi kompiler yang cukup cepat
· Mendukung multiple platform dari source code yang sama
· Untuk yang dikelola oleh embarcadero, delphi dapat dijalankan pada multiflatform yaitu windows, linux, android, IOS.
4. Langkah-Langkah Percobaan.
a. Penyiapan alat dan komponen yang digunakan untuk percobaan;
b. Membuat desain Lesan tembak menggunakan power point
c. mendesain dan pengkodingan lesan tembak menggunakan Bahasa pemograman delphi
5. Analisa Pembuatan
Pada pembuatan lesan tembak pendeteksi warna mengunakan delphi
unit Unit1;
interface
uses
Winapi.Windows, Winapi.Messages, System.SysUtils, System.Variants, System.Classes, Vcl.Graphics,
Vcl.Controls, Vcl.Forms, Vcl.Dialogs, Vcl.ExtCtrls, Vcl.StdCtrls;
type
TForm1 = class(TForm)
Image1: TImage;
Label3: TLabel;
Label4: TLabel;
Label5: TLabel;
Edit1: TEdit;
Edit2: TEdit;
Panel1: TPanel;
Label6: TLabel;
Label7: TLabel;
Edit3: TEdit;
Edit4: TEdit;
Button1: TButton;
Label1: TLabel;
procedure Image1MouseDown(Sender: TObject; Button: TMouseButton;
Shift: TShiftState; X, Y: Integer);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Image1MouseDown(Sender: TObject; Button: TMouseButton;
Shift: TShiftState; X, Y: Integer);
begin
panel1.Color:=image1.Picture.Bitmap.Canvas.Pixels[x,y];
EDIT1.Text:=IntToStr(X);
EDIT2.Text:=inttostr(Y);
end;
end.
6. Kesimpulan.
Dari percobaan yang telah di lakukan dapat di ambil kesimpulan panel akan berubah warna sesuai dengan bagian X dan Y. Nilai yang di tunjuk oleh kursor dan jumlah nilai yang di peroleh juga di tampilkan dalam program ini. Program ini dapat di manfaatkan sebagai media pembelajaran dalam Pendidikan kemiliteran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar